Workshop Pembelajaran l Design Researh Dalam Penelitian Pendidikan Matematika

Kegiatan Kuliah Pakar  adalah kegiatan yang diangkat dalam salah satu program kinerja Program Studi , termasuk pada program magister pendidikan matematika. Kuliah pakar dapat memberikan pencerahan ilmu pengetauan yang berasal dari para ahli atau pakar dibidangnya. Pengetahuan yang didapat dari pakarnya langsung, akan mendapatkan kejelasan materi atau konsep  sehingga tidak terjadi kesimpansiuran. Pakar dibidang pendidikan matematika di Indonesia  banyak terseber diseluru Indonesia. Bidang-bidangnya diantaranya : Pendidikan, Penelitian, Kurikulum pendidikan matematika, Evaluasi pendidikan matematika, dan sebagainya.

Bidang – bidang tersebut semuanya dianggap penting oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Bidang yang paling urgent untuk dikuasai oleh mahasiswa Program Magister Pendidikan Matematika , diantaranya Bidang Penelitian Pendidikan Matematika.  Adapun, Bidang tersebut didalamnya memuat metode penelitian beru desain riset . Desain riset bidang pendidikan matematika adalah suatu metode penelitian yang ingin mengembangkan suatu inovasi dalam pengembangan program , proses belajar, lingkungan belajar, bahan ajar, produk pembelajaran dan sistem pembelajaran. Desain Riset atau dalam bahasa inffrisnya Design Research   adalah suatu metode penelitian untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dalam prakrek pendidikan, memvalidasi suatu teori tentang proses belajar , lingkungan belajar yang kompleks.

Begitu pentingnya Design Research ini, ternyata bila di analisis berdasarkan metode penelitian yang diangkat oleh para mahasiswa Program Magister Pendidikan matematika Universitas sultan Ageng Tirtayasa, belum satupun yang menggunakan metode ini, bahkan dalam penulisan artikel yang telah publish belum ada satupun juga yang menggunakan metode penelitaian tersebut. Metode penelitian yang  banyak digunakan adlah penelitaian eksperimen, kualitatif, penelitian dan pengembangan , dan sebagainya.Kemunginana disebabkan karena Program Studi jarang memperkenalkan metode ini secara mendalam, dan para dosen pun jarang menggunakan metode penelitian tersebut dalam kegiatan penelitiannya.

Design Research jarang digunakan karena metode ini masih berasumbi hanya digunakan untuk penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), padahal ternayata tidak seperti itu. Penelitian yang dapat menggunakan metode tersebut yang akan menentukan pengebangan produk, model pembelajaran bahan ajar, karena didalamnya memuat terlibih dahulu lintasan belajar . Lintasan Belajar atau HLT (……..) adalah merupakan lintasan belajarn yang akan dihasilkan dari metode penelitian tersebut.

Diluar Program Studi Maguster Pendidikan matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, sudah banyak yang mengembangkannya, diantaranya Universitas Sriwijaya. Universitas disana terdapat salah satu pakar yang terkenal dalam bidang desain riset. Banyak karya serta bahkan jurnal yang diterbitkan sudah terindeks scopus.

Dengan demikian, Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , mengangkat kuliah pekara dengan tema Design Research dalam Pendidikan Matematika.

Adapun dasar Hukum yang diguanakan dalam kegiatan program Kuliah Pakar yaitu :

  1. Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1/KMK.05/2012 tanggal 3 Januari

2012, Untirta ditetapkan sebagai satuan kerja yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum;

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 29 Tahun 2012 tentang

Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sultan Ageng Tirtayasa;

  1. Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

Nomor: 17 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa;

  1. Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

Nomor: 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;

  1. Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 95 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah di Lingkungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi;
  2. Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 29290/M/KP/VIII/2019 tentang Pengangkatan Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT.. sebagai Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Periode 2019-2023;
  3. Peraturan Rektor NO 1 Tahun 2019 tentang pengadaan barang dan jasa PK BLU UNTIRTA
  4. PMK N0.60/PMK.02/2021  tentang  Standar  Biaya  Masukan  Tahun  Anggaran

2022

  1. Peraturam Mentri keuangan Republik Indonesia Nomor 129/PMK.05/2020 , Tentang Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum.
  2. Peraturan Mentri Keuangan Republik Indonesia Nomor 83/PMK.02/2022 Tentang Standar Biaya Masukan Tahun 2023.

Gambar di atas menunjukkan marasumber, pimpinan pascasarjana dalam hal ini Bapak direktur, Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika, sedang  mengikuti kegiatan pebukaan acara.

B. NARASUMBER , MODERATOR DAN SUSUNAN KEPANITIAAN (SESUAI SK REKTOR)

NaraSumber : Prof. Dr. H. Zulkardi, M.I. Komp, M.Sc. (Tim Ahli dari PPPMI)

Leave a Reply